BBC Tuntut Usut “Dalang” Kerusuhan SMAK Dago

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Terkait kerusuhan yang terjadi di Sekolah Menengah Atas Kristen (SMAK) Dago sehari sebelumnya, Ketua Umum Buah Batu Corps (BBC) Drs. H. Imam Hermanto kepada watawan dalam jumpa pers yang berlangsung di Markas Besar BBC Jl. Reog 11 Buah Batu Bandung, Selasa (19/7) mengutuk dan menuntut pihak kepolisian segera mengusut tuntas pelaku serta “dalang” di balik kerusuhan tersebut.

“Kepada pihak-pihak yang berkepentingan atas insiden itu, diharap agar kooperatif. Dan bila dalam waktu 1 X 24 jam polisi belum melakukan tindakan, BBC akan melapor ke Polda Jabar atau Mabes Polri,” ujar Imam.

Kerusuhan SMAK Dago, tambahnya, merupakan insiden yang mencederai spirit perdamaian yanbg selama ini dibangun dan dijaga oleh segenap elemen masyarakat Bandung. Sebab dirinya menilai, Bandung merupakan kota yang berdekatan dengan ibukota RI dan seringkali dijadikan sebagai barometer kondusifitas Jawa Barat. Karenanya, sekecil apapun Riak yang ada di kota Bandung harus segera disikapi dengan sigap.

Pernyataan sikap Keluarga Besar BBC diantaranya pertama mendorong aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian dalam waktu 1 x 24 jam segera menindak tegas kelompok yang melakukan kekerasan di wilayah publik dengan alasan apapun. Jangan sampai di Bandung ada suatu kelompok yang merasa memiliki kekuatan dan kekuasaan secara de facto atau de jure atas suatu aset atau wilayah diatas keputusan hukum.

Kedua, mendorong aparat untuk menindak tegas pihak yang menyuruh memobilisasi massa, sehingga terjadi insiden Dago.

Ketiga menghimbau kepada kelompok-kelompok yang bertikai agar bersikap kooperatif terhadap proses penegakan hukum.

Dirinya juga menghimbau seluruh keluarga besar BBC agar jangan mudah terpancing oleh hal-hal yang tidak patut. (San)

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>